Ternyata Begini Loh Cara Mendeteksi Penyakit Raja Singa

Posted on May 19, 2017 by Administrator

Ternyata Begini Loh Cara Mendeteksi Penyakit Raja Singa

deteksi raja singaRaja singa atau sipilis merupakan salah satu dari penyakit menular seksual yang berbahaya. Penyakit ini terjadi akibat penyebaran bakteri Treponema pallidum. Penyakit ini mempunyai 4 tahapan yang biasanya muncul yaitu tahapan premier, sekunder, laten dan tersier. Lalu bagaimanakah cara mendeteksi penyakit raja singa?

Untuk mendeteksi penyakit raja singa, Anda dapat bertanya kepada dokter atau klinik yang khusus mengobati penyakit kelamin. Ini bertujuan untuk memeriksa apakah Anda terinfeksi penyakit sipilis. Apabila penyakit ini ditangani dengan cepat dan diberikan pengobatan yang benar, maka terjadinya komplikasi yang sangat berbahaya dapat dihindari, serta memperbesar peluang untuk dapat segera sembuh dari penyakit ini.

Untuk mendeteksi penyakit raja singa, pertama kali yang dokter akan lakukan adalah menanyakan keluhan yang terjadi seputar gejala yang dialami oleh pasien sebelum dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh, khususnya pemeriksaan di seputar wilayah kelamin dan anus. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan ruam pada kulit serta pada kulit bagian dalam mulut dan tenggorokan.

Selain pemeriksaan fisik, biasanya dokter juga akan melakukan beberapa tes seperti:

Tes darah

Setelah Anda melakukan pemeriksaan fisik, selanjutnya Anda akan diminta untuk melakukan tes darah untuk memastikan keberadaan bakteri Treponema pallidum apakah berada di dalam tubuh pasien. Tes darah dilakukan untuk mendeteksi apakah terdapat antibodi yang dihasilkan untuk melawan penyakit sipilis. Antibodi ini akan terus berada di dalam tubuh penderita selama bertahun-tahun.

Salah satu tes yang efektif untuk mendeteksi bakteri penyebab penyakit raja singa adalah Treponemal Antibody Test. Jika hasil yang didapatkan positif, maka dapat dipastikan orang tersebut akan menderita penyakit raja singa atau sifilis. Biasanya test ini akan digabungkan dengan pemeriksaan tambahan yang bernama RPR (Rapid Plasma Reagin), test ini akan memperkuat test Treponemal Antibody Test.

Test ini juga sangat disarankan untuk dilakukan oleh wanita yang sedang hamil untuk memeriksa apakah dirinya dan sang buah hati terinfeksi penyakit raja singa. Tes ini bagi wanita hamil disarankan dilakukan jika telah memasuki usia kehamilan antara tiga hingga lima bulan.

Pemeriksaan cairan luka atau tukak

Tes lainnya yang biasanya dilakukan untuk mendeteksi penyakit raja singa adalah melakukan pengambilan sedikit sampel dari cairan luka yang terjadi untuk dianalisis di laboratorium. Tes ini hanya dapat dilakukan jika penyakit raja singa berada di tahap primer dan sekunder, yaitu saat mulai terjadinya luka atau tukak. Sampel cairan yang akan diteliti ini akan menunjukkan apakah terdapat bakteri penyebab penyakit sipilis.

Pencegahan Penyakit Raja Singa

Untuk mencegah terjadinya penyakit raja singa, Anda dapat melakukan beberapa cara pencegahan, antara lain yaitu:

Setia terhadap pasangan

Untuk mencegah serta mendeteksi penyakit raja singa, cara yang paling ampuh adalah dengan selalu setia terhadap pasangan. Jangan melakukan gonta ganti pasangan. Kemudian dalam melakukan hubungan seksual selalu menggunakan kondom sebagai langkah pengamanan untuk mengurangi resiko terjadinya penularan penyakit sipilis.

Memakai alat pengaman seperti kondom saat melakukan hubungan seks

Dalam melakukan hubungan seks oral, vagina atau anal sebaiknya menggunakan kondom untuk mengurangi resiko terjadinya penyakit ini. selalu gunakan dental dam saat akan melakukan seks oral. Dental dam merupakan selembar kain yang terbuat dari bahan lateks. Alat ini mempunyai fungsi sebagai penghalang antara mulut dengan organ intim sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya penularan penyakit sipilis.

Jangan lakukan oral seks

Untuk mencegah penyakit ini, Anda jangan lakukan hubungan seks secara oral, vagina ataupun anal sampai pengobatan yang dilakukan selesai. Hal ini dikarenakan Anda akan beresiko terinfeksi lagi jika berhubungan dengan orang yang mempunyai banyak pasangan dalam melakukan hubungan seksual

Jangan berbagi jarum suntik

Selain melalui hubungan seks, penyakit sipilis juga dapat terjadi tanpa melalui hubungan seksual seperti penggunaan jarum suntik secara bergantian. Hal ini biasanya terjadi kepada para pengguna narkoba, penggemar seni yang melakukan tindik dan tato.

Bagi wanita hamil selalu lakukan tes darah

Untuk wanita yang sedang hamil, disarankan untuk melakukan tes darah. Hal ini bertujuan agar dapat mendeteksi penyakit ini sejak dini sehingga tidak menginfeksi bayi yang sedang dikandungnya. Lakukan tes pemeriksaan ketika usia kandungan memasuki usia tiga hingga lima bulan.

Itulah beberapa informasi mengenai cara mendeteksi penyakit raja singa, serta beberapa cara pencegahannya.

No tags added.