Penyakit Sifilis

Posted on Feb 10, 2017 by Administrator

Penyakit Sifilis

Mungkin sebagian besar dari kita masih asing jika mendengar penyakit kelamin sifilis, padahal penyakit ini sangat berbahaya jika tidak diobati dengan segera. Lalu apakah sifilis itu?

Sifilis adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh bakteri yang dapat bersarang di organ intim yang dinamakan Treponema pallidum dengan sub-spesies pallidum.

Sifilis dianggap sebagai salah satu jenis penyakit menular seksual yang lebih serius pada pria karena kaitannya dengan HIV dan peningkatan risiko HIV bila terinfeksi sifilis.

Diketahui sifilis memiliki empat fase yang berbeda yaitu: fase primer (awal), fase sekunder (kedua), fase laten (ketiga), dan fase tersier (akhir), dan diketahui setiap fase memiliki beberapa gejala yang berbeda diantaranya adalah:


Gejala Penyakit Sifilis Primer Termasuk:

  • Timbulnya rasa sakit karena bakteri masuk ke dalam tubuh, biasanya pada penis, anus, atau bibir.
  • Pembengkakan pada kelenjar getah bening di daerah dekat yang terasa sakit.

Gejala Penyakit Sifilis Sekunder Termasuk:

  • Timbul ruam kulit yang tidak gatal, umum ditemukan pada telapak tangan atau telapak kaki.
  • Merasa kelelahan.
  • Sakit tenggorokan.
  • Sakit kepala.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening.

Sifilis Laten

Sedangkan pada sifilis laten merupakan tahap yang terjadi setelah gejala sekunder telah berhenti dan telah diobati.

Sifilis Tersier

Pada tahap sifilis akhir adalah tersier mungkin penyakit ini menyebabkan masalah komplikasi yang lebih serius, seperti kerusakan pada jantung, sistem saraf, otak, sendi, dan bagian tubuh lainnya seperti pada apa itu herpes.

Bahkan Sifilis dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius dan kematian jika mencapai tahap ini, bahkan beberapa tahun setelah infeksi.

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Sifilis?

  • Satu-satunya cara tertentu untuk menghindari sifilis adalah untuk menghindari berhubungan seks dengan banyak pasangan.
  • Gunakan kondom lateks. Karena Kondom dapat mengurangi risiko terserang sifilis, akan tetapi hanya jika kondom itu menutupi luka sifilis.
  • Hindari narkoba dan alkohol. Karena penggunaan alkohol yang berlebihan atau narkoba dapat mempengaruhi kesehatan Anda dan menyebabkan praktek seksual yang tidak aman.

Cara Menyembuhkan Penyakit Sifilis

Ketika didiagnosis dan diobati pada fase primer maka sifilis akan mudah untuk disembuhkan, dan biasanya pengobatan pilihan pada semua tahap adalah dengan penisilin.

Penisilin adalah obat antibiotik yang dapat membunuh dan menghancurkan organisme yang menyebabkan sifilis. Namun Jika Anda alergi terhadap penisilin, dokter akan menyarankan antibiotik lain, dan ingat, konsultasikan dengan dokter sebelum bertindak

Suntikan tunggal penisilin dapat menghentikan penyakit yang berkembang jika Anda telah terinfeksi selama kurang dari dua belas bulan akan tetapi jika Anda sudah memiliki sifilis lebih dari satu tahun mungkin Anda memerlukan dosis tambahan.

Sebenarnya pengobatan dengan penisilin menyembuhkan sebagian besar kasus sifilis di setiap tahap karena antibiotik mencegah komplikasi lebih lanjut dari sifilis, namun tidak membalikkan kerusakan yang telah terjadi.

 

No tags added.