Penyakit Kelamin Pria

Posted on Feb 10, 2017 by Administrator

Penyakit Kelamin Pria

Salah satu dari sekian banyaknya penyakit mengerikan dan patut di waspadai adalah penyakit kelamin pria, ataupun pada wanita. Karena jika kita terserang penyakit ini kemungkinan besar pasangan kita juga akan tertular penyakit mengerikan ini.

Beberapa jenis PMS dapat disembuhkan dengan antibiotik, sementara yang lain tidak dapat disembuhkan dan PMS dapat menyebabkan tanda dan gejala, sementara yang lain dapat muncul tanpa menyebabkan gejala sama sekali, segera kunjungi dokter.

Siapa Saja yang Berisiko Tertular Penyakit Menular Seksual?

Siapapun yang terlibat dalam setiap jenis aktivitas seksual dapat berisiko untuk terserang penyakit ini. Satu-satunya cara untuk benar-benar menghilangkan risiko tertular PMS adalah berhenti dari segala aktifitas aktivitas seksual.

Penggunaan kondom lateks selama hubungan seksual dapat sangat mengurangi kemungkinan tertular PMS, tapi tidak ada metode yang benar-benar aman.


Apa yang Menyebabkan Penyakit Kelamin Pria?

Diketahui PMS dapat disebabkan akibat berbagai jenis mikroorganisme yang termasuk virus, bakteri, dan parasit diantaranya adalah:

  • IMS termasuk human papillomavirus (HPV), virus human immunodeficiency (HIV), herpes simpleks (HSV), hepatitis B dan C, virus herpes-8 (HHV-8).
  • Infeksi bakteri menular seksual termasuk sifilis, gonore, dan klamidia.
  • Trichomonas adalah contoh dari infeksi menular seksual yang disebabkan oleh parasit, seperti kutu atau kudis, juga dapat ditularkan melalui kontak seksual.

Pada pria, PMS Dapat Dikelompokkan Menjadi Tiga Kategori:

  • PMS yang dominan menyebabkan luka genital (luka atau kelainan pada organ genital).
  • PMS yang dominan menyebabkan peradangan uretra (uretritis).
  • PMS yang menyebabkan gejala dan tanda-tanda di seluruh tubuh (sistemik PMS).

Berikut Di Bawah Ini Ada Beberapa Jenis Penyakit Kelamin Pria yang Harus Anda Waspadai:

  1. Chlamydia

Chlamydia adalah infeksi bakteri yang umum pada orang dewasa muda yang aktif secara seksual. Hal ini disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Baik pria maupun wanita bisa terinfeksi, dan banyak dari mereka yang terinfeksi tidak memiliki tanda-tanda atau gejala.

Namun pada pria gejala uretritis adalah yang paling umum. Hal ini juga dapat menyebabkan infeksi pada epididimis dan testis.

Infeksi Clamydia dapat disembuhkan dengan antibiotik seperti azithromycin. Namun, infeksi dapat terjadi lagi terutama ketika pasangan seks dari orang yang terinfeksi tidak diobati.

  1. Gonore

Seperti Chlamydia, gonore adalah salah satu jenis penyakit kelamin pria yang mungkin mirip seperti Chlamydia. Gonore dapat menyebabkan uretritis pada pria, menyebabkan terbakar atau sakit saat buang air kecil dan keluarnya cairan dari uretra.

Gonore disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae dan biasanya menyebabkan gejala sekitar 4 sampai 8 hari setelah infeksi. Gonore juga dapat menyebabkan infeksi pada rektum dan tenggorokan.

  1. Trichomoniasis

Trikomoniasis adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis. Kebanyakan wanita dan pria yang terinfeksi tidak memiliki gejala, dan seperti Chlamydia dan gonore, penderita mungkin tidak tahu bahwa mereka telah terinfeksi.

Ketika infeksi tidak menyebabkan gejala, biasanya menghasilkan uretritis, dengan rasa gatal atau terbakar dan mengeluarkan cairan dari uretra.

  1. HIV

The human immunodeficiency virus (HIV) mungkin adalah penyakit menular seksual paling ditakuti. Infeksi virus HIV dapat terjadi selama kontak seksual, ataupun dengan berbagi jarum, atau dari seorang wanita hamil yang terinfeksi kepada bayinya. Virus akhirnya menyebabkan penurunan disfungsi sistem kekebalan tubuh.

  1. Herpes

Herpes virus simpleks (HSVs) dapat menyebabkan luka melepuh yang menyakitkan pada daerah seksual jika terkena tubuh. Mereka dapat ditularkan akibat semua jenis kontak seksual. Biasanya, jenis HSV 1 (HSV-1) menyebabkan luka dingin di sekitar mulut, sedangkan HSV tipe 2 (HSV-2) menyebabkan herpes genital, tapi kedua jenis HSV mampu menginfeksi daerah alat kelamin. oleh karena inilah penting sekali kita tau apa itu herpes.

  1. Kutil kelamin (HPV)

Kutil kelamin disebabkan oleh Infeksi papillomavirus (HPV) adalah penyakit menular seksual yang sangat umum. Berbagai jenis HPV menyebabkan kondisi yang berbeda. Beberapa HPV menyebabkan kutil umum, dan jenis lainnya tersebar selama aktivitas seksual dan menyebabkan kutil kelamin.

  1. Hepatitis

Hepatitis adalah peradangan hati. Hepatitis B dan hepatitis C adalah dua penyakit virus yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual.

Kedua virus hepatitis B (HBV) dan virus hepatitis C (HCV) yang ditularkan melalui kontak dengan darah orang yang terinfeksi atau dengan aktivitas seksual, mirip dengan virus HIV. HBV mungkin tidak menimbulkan gejala, tetapi menyebabkan gejala hepatitis akut sekitar 50% dari infeksi.

  1. Sipilis

Sipilis disebabkan oleh bakteri yang dapat bersarang di organ intim. Bakteri penyebab sifilis dinamakan Treponema pallidum.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai berbagai macam jenis penyakit kelamin pria dan ada baiknya Anda menghindari kontak seksual dengan berganti-ganti pasangan dan menggunakan pengaman untuk mencegah penyakit mengerikan tersebut.

No tags added.